MENUJU PENGGUNAAN YANG CAKAP DALAM SOSIAL MEDIA: TRANSFORMASI EDUKASI DI ERA DIGITAL

  • Aug 14, 2023
  • Huwaida Ufairah
  • BERITA, LINGKUNGAN, KEGIATAN

Penangkan, Wonotunggal, Kab, Batang (13/7/2023), Sebuah langkah positif telah diambil oleh mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari Universitas Diponegoro (UNDIP) dengan meluncurkan poster edukasi yang berjudul "Cakap Bersosial Media dengan Bijak". Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap dampak negatif penggunaan media sosial yang tidak bijaksana, serta memberikan panduan tentang cara berperilaku yang etis dan bertanggung jawab di dunia digital. Poster tersebut dipublikasi di Website Desa Penangkan pada Kamis, 13 Juli 2023.

Pentingnya edukasi "Cakap Bersosial Media dengan Bijak" terkait erat dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi, khususnya internet dan media sosial. Seiring dengan meningkatnya aksesibilitas internet dan penetrasi media sosial, muncul beberapa isu dan tantangan yang memerlukan pendekatan edukasi yang tepat. Beberapa latar belakang mengapa edukasi ini menjadi penting adalah penyebaran berita palsu (Hoaks), perilaku tidak etis dan cyberbullying, keamanan dan privasi, kecanduan media sosial, konten berbahaya dan tidak pantas.

Edukasi ini bertujuan sebagai pedoman untuk masyarakat untuk, meningkatkan kesadaran tentang potensi dampak negatif dari penggunaan media sosial, memahami pentingnya menjaga privasi di dunia digital, mendorong penggunaan etika dan sopan santun dalam interaksi online, membantu membangun dan mempertahankan komunitas positif di media sosial, mengajarkan cara menggunakan media sosial dengan bijak agar tidak mengalami, memahami bahwa apa yang dibagikan di media sosial dapat memiliki dampak jangka panjang pada reputasi, memupuk rasa empati terhadap pengalaman orang lain di media sosial, Menggunakan media sosial sebagai alat untuk mendukung pembelajaran, mengakses informasi bermanfaat, dan mengembangkan keterampilan baru.

Huwaida Ufairah, mahasiswa jurusan Informasi dan Hubungan Masyarakat UNDIP dan TIM KKN II UNDIP 2022/2023, bertanggung jawab dalam pembuatan poster edukasi "Cakap Bersosial Media dengan Bijak". Poster ini berisi panduan tentang cara bermedia sosial dengan bijak dan etika yang diterbitkan di Website Desa Penangkan.

Diharapkan dengan adanya poster edukasi ini, masyarakat Desa Penangkan dapat lebih bijaksana dalam menggunakan media sosial, menciptakan lingkungan digital yang aman dan positif, serta menghindari dampak negatif dari perilaku tidak etis di dunia maya.