PELATIHAN OPTIMALISASI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI SARANA BRANDING DESA DAN PENYEBARAN INFORMASI

  • Aug 14, 2023
  • Adisty Mutiara Ramadhanti
  • BERITA, LINGKUNGAN, KEGIATAN

Penangkan, Wonotunggal, Kab. Batang (07/08/2023) – Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro telah menyelesaikan pelaksanaan kegiatan pelatihan optimalisasi sosial media Instagram sebagai sarana branding Desa Penangkan dan juga sebagai sarana penyebarluasan informasi. Kegiatan ini berlangsung pada Senin, 7 Agustus 2023 di Balai Desa Penangkan, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dengan target audiens Perangkat Desa Penangkan dengan tujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan sosial media Instagram sebagai sarana penyebarluasan informasi dan branding Desa Penangkan secara lebih luas.

Di Desa Penangkan sendiri belum memiliki akun sosial media Instagram yang digunakan untuk penyebarluasan informasi. Selain itu, pada masa sekarang pengguna sosial media Instagram telah meluas dan hampir seluruh individu menggunakannya. Oleh karena itu, salah satu anggota KKN Tim II Undip, Adisty Mutiara Ramadhanti dari Ilmu Komunikasi berinovasi membuat akun sosial media Instagram untuk Desa Penangkan dan mengadakan program pelatihan kepada perangkat desa. Hal ini dilakukan agar Desa Penangkan dapat mengembangkan potensi dan juga branding-nya secara lebih luas melalui akun sosial media Instagram. Di sisi lain, penyebaran informasi juga akan lebih mudah dilakukan dengan menggunakan akun Instagram yang dimiliki oleh Desa Penangkan.

Pada pelaksanaan program ini, Adisty selaku penggerak kegiatan memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara mengelola sosial media dengan baik, menjelaskan fungsi-fungsi dari fitur yang ada, cara untuk membuat konten, cara melihat insight dan engangement rate di Instagram, serta menjelaskan manfaat adanya sosial media untuk mengembangkan branding desa Penangkan. Selain itu, Adisty juga membuat akun sosial media Instagram untuk dapat dikembangkan oleh Perangkat Desa Penangkan.

Harapannya, melalui kegiatan pelatihan optimalisasi sosial media yang dilakukan, Desa Penangkan dapat mengembangkan akun Instagram untuk membranding desa kepada masyarakat luas. Selain itu, penyebarluasan informasi terkait Desa Penangkan juga dapat tersebar secara merata sehingga Desa Penangkan lebih dikenal oleh masyarakat melalui sosial media.